MAKALAH ALDEHID DAN KETON PDF

Oleh karena itu bila alkohol (1) diubah menjadi keton terlebih dahulu, . berikut: 1. reaksi antara aldehid dan keton akan menghasilkan asetal. -C=O pada keton atau aldehid yang tersubtitusi oleh fenil akan menyerap radiasi. IR pada cm-1 (Silverstein et al., ). Purwono dkk. Pengujian secara kualitatif ini berdasarkan keberadaan gugus aldehida atau keton yang bebas. Larutan Fehling dibagi atas dua macam yaitu larutan Fehling A.

Author: Melar Fehn
Country: Belarus
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 7 October 2016
Pages: 475
PDF File Size: 9.90 Mb
ePub File Size: 11.56 Mb
ISBN: 622-4-27152-431-7
Downloads: 53054
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Molar

Makalah aldehid Home Makalah aldehid. Makalah Aldehid Dan Keton Makalah Aldehid Keton Umee aldehid. Oksidasi Aldehid Dan Keton. Jurnal Aldehid Dan Keton 1.

Identifikasi Aldehid dan Keton. Laporan Tetap Pembuatan Isobutil Aldehid. Pendahuluan Alkanal merujuk pada segolongan senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karbonil yang terikat pada rantai karbon di satu sisi dan atom hidrogen di sisi yang lain. Golongan ini dikenal pula sebagai golongan aldehid aldehid juga merupakan nama gugus fungsional. Contoh senyawa yang paling dikenal dari golongan ini adalah metanal atau lebih populer dengan nama trivial formaldehid atau formalin.

Aldehid termasuk kedalam senyawa sederhana, karena tidak memiliki gugus-gugus reaktif yang lain, seperti —OH atau Cl yang terikat pada atom karbon pada gugus karbonil. Gambar di bawah ini merupakan struktur kimia dari aldehid. Sehingga penulisan rumus molekul aldehid terkadang sulit dibedakan dengan alkohol. Tata Nama Nama aldehid atau alkanal diturunkan dari nama alkana yang sesuai dengan mengganti akhiran a menjadi al.

Tata nama isomer alkanal pada dasarnya sama seperti tatanama alkanol, tetapi posisi gugus fungsi -CHO tidak perlu dinyatakan karena selalu menjadi atom karbon nomor satu. Misalnya asam format nama lazimnya adalah formaldehida. O H C H Formaldehid Jika rantai utama aldehida berupa cincin siklik maka penamaan digunakan akhiran karbal dehida.

Sifat Fisika Aldehid 1. Ini berarti bahwa etanal akan mendidih pada suhu yang mendekati suhu kamar. Aldehid lainnya berwujud cair, dengan titik didih yang semakin meningkat apabila molekul semakin besar. Besarnya titik didih dikendalikan oleh kekuatan gaya-gaya antar-molekul, yaitu: Gaya dispersi van der Waals Gaya tarik ini menjadi lebih kuat apabila molekul menjadi lebih panjang dan memiliki lebih banyak elektron. Peningkatan gaya tarik ini akan meningkatkan ukuran dipol-dipol temporer yang terbentuk.

Inilah sebabnya mengapa titik didih meningkat apabila jumlah atom karbon dalam rantai juga meningkat pada aldehid b.

Larutan Fehling – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seperti halnya gaya-gaya dispersi, juga akan ada gaya tarik antara dipol-dipol permanen pada molekul-molekul yang berdekatan. Ini berarti bahwa titik didih akan menjadi lebih tinggi dibanding titik didih hidrokarbon aldehld berukuran sama, yang mana hanya memiliki gaya dispersi.

Misalnya, titik didih dari tiga senyawa hidrokarbon yang memiliki besar molekul yang mirip. Ketiga senyawa ini memiliki panjang rantai yang sama, dan jumlah elektronnya juga mirip walaupun tidak identik. Akan tetapi, titik didih aldehid lebih rendah dari titik didih alkohol. Hal ini terjadi karena pada alkohol terdapat ikatan hidrogen dan dua jenis gaya-tarik antar molekul lainnya alsehid tarik dipol-dipol dan gaya-tarik dispersi. Walaupun aldehid merupakan molekul sldehid sangat polar, namun aldehid tidak memiliki atom hidrogen yang terikat langsung pada oksigen, sehingga tidak bisa membentuk ikatan hidrogen sesamanya.

Kelarutan dalam air Aldehid yang kecil dapat larut secara bebas dalam air tetapi kelarutannya berkurang seiring dengan pertambahan panjang rantai.

  ETHEL MORGAN LA DIOSA EN NOSOTRAS PDF

Sebagai contoh, metanal, etanal dan propanal yang merupakan aldehid berukuran kecil dapat bercampur dengan air pada semua perbandingan volume. Alasan mengapa aldehid yang kecil dapat larut dalam air adalah bahwa walaupun aldehid tidak bisa saling berikatan hidrogen sesamanya, namun keduanya bisa berikatan hidrogen dengan molekul air.

Salah satu dari atom hidrogen yang sedikit bermuatan positif dalam sebuah molekul air bisa tertarik dengan baik ke salah satu pasangan elektron bebas pada atom oksigen dari sebuah aldehid untuk membentuk sebuah ikatan hidrogen.

Selain karena adanya ikatan hidrogen antara air dan molekul aldehid,adanya gaya dispersi dan gaya tarik dipol-dipol antara aldehid dengan molekul air menyebabkan aldehid berukuran kecil dapat larut dalam air. Pembentukan gaya-gaya tarik ini melepaskan energi yang membantu menyuplai energi yang diperlukan untuk memisahkan molekul air dan aldehid atau keton satu sama lain sebelum bisa bercampur.

Apabila panjang rantai meningkat, maka “ekor-ekor” hidrokarbon dari molekul-molekul semua hidrokarbon sedikit menjauh dari gugus karbonil mulai mengalami proses di atas. Dengan menekan diri diantara molekul-molekul air, ekor-ekor hidrokarbon tersebut memutus ikatan hidrogen yang relatif kuat antara 4 molekul-molekul air tanpa menggantinya dengan ikatan yang serupa.

Ini menjadi proses yang tidak bermanfaat dari segi energi, sehingga kelarutan berkurang. Oleh karena itu, karbon karbonil bersifat elektrofilik, sehingga lebih reaktif terhadap nukleofil. Selain itu, oksigen yang elektronegatif juga dapat bereaksi dengan elektrofil. Nukleofil merupakan sebuah ion bermuatan negatif misalnya, ion sianida, CN-atau bagian yang bermuatan negatif dari sebuah molekul misalnya, pasangan elektron bebas pada sebuah atom nitrogen dalam molekul amonia NH3.

Efek murni dari pemutusan ikatan ini adalah bahwa gugus karbonil akan mengalami reaksi adisi, seringkali diikuti dengan hilangnya sebuah molekul air.

Pada senyawasenyawa ini, gugus karbonil berkonjugasi dengan sebuah alkena. Hal ini menyebabkan sifat-sifat khusus senyawa ini. Sebagai contoh senyawa ini adalah akrolein, mesitil oksida, asam akrilat, dan asam maleat. Karbonil tak jenuh dapat dibuat dalam laboratorium menggunakan reaksi aldol dan reaksi Perkin. Gugus karbonil, baik pada aldehida menarik elektron dari alkena dan gugus alkena pada karbonil tak jenuh, sehingga menurunkan reaktivitas 5 terhadap elektrofil seperti bromin atau asam klorida.

Sehingga senyawa ini reaktif terhadap nukleofil pada adisi nukleofilik. Sifat Spektral Aldehid Aldehid mempunyai spektra inframerah yang sangat mirip dengan spektra keton.

Beda yang penting antara suatu aldehida dan suatu keton ialah bahwa aldehida mempunyai H yang terikat pada karbon karbonil.

Makalah aldehid – PDF Free Download

Reaksi-Reaksi yang Terjadi Pada Aldehid 1. Oksidasi Aldehida adalah reduktor kuat sehingga dapat mereduksi oksidatoroksidator lemah. Pereaksi Tollens dan pereaksi Fehling adalah dua contoh oksidator lemah yang merupakan pereaksi khusus untuk mengenali aldehida.

Pada kondisi asam, persamaan setengah reaksinya adalah: Pereaksi Tollens adalah larutan perak nitrat dalam amonia. Pereaksi ini dibuat dengan cara menetesi larutan perak nitrat dengan larutan amonia sedikit demi sedikit hingga endapan yang mula-mula terbentuk larut kembali.

Apdehid Tollens dapat dianggap sebagai larutan perak oksida Ag2O. Reaksi aldehida dengan pereaksi Tollens dapat ditulis sebagai berikut Bila reaksi dilangsungkan pada bejana gelas, endapan perak yang terbentuk akan melapisi bejana, membentuk cermin. Oleh karena itu, reaksi ini disebut reaksi cermin perak. Pereksi Fehling dibuat dengan mencampurkan kedua larutan tersebut, sehingga diperoleh suatu larutan yang berwarna biru tua.

Pereaksi Fehling dapat dianggap sebagai larutan CuO. Reaksi Aldehida dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata dari Cu2O. Pereaksi Fehling dipakai untuk identifikasi adanya gula reduksi seperti glukosa dalam air kemih pada penderita penyakit diabetes glukosa mengandung gugus aldehida.

  GUBAIDULINA DE PROFUNDIS PDF

Adisi Alkohol Pembentukan Hemiasetal dan Asetat Alkohol merupakan salah satu jenis nukleofil oksigen. Dengan katalis asam, alkohol dan aldehid bereaksi melalui adisi pada gugus karbonil. Kesetimbangan akan bergeser ke kanan jika alkohol berlebihan.

Sebaliknya, asetal dapat terhidrolisis membentuk aldehid kembali jika terdapat air yang berlebihan. Adisi Pereaksi Grignard dan Asetilida 8 Aldehid dapat bereaksi dengan pereaksi Grignard melalui adisi nukleofilik terhadap gugus karbonil. Hasil reaksi dari proses ini adalah garam alkoksida yang dapat dihidrolisis lebih lanjut membentuk alcohol 9 Pereaksi Grignard biasanya dikerjakan dengan menambahkan sedikit demi sedikit larutan aldehida dalam eter kering ke dalam pereaksi Grignard.

Reaksinya merupakan reaksi eksotermis. Setelah semua aldehid ditambahkan, magnesium alkoksida yang terbentuk dihidrolis membentuk alcohol. Sedangkan penambahan asam bertujuan untuk mencegah terbentuknya Mg OH 2.

Pada hasil akhir dari reaksi ini adalah lapisan eter dan air. Senyawa alcohol yang dihasilkan terdapat dalam lapisan eter. Senyawa-senyawa ini biasa juga disebut sebagai sianohidrin.

Sebagai contoh, jika hidrogen sianida diadisi ke etanal sebuah aldehid maka diperoleh 2-hidroksipropananitril: Reaksi ini biasanya tidak dilakukan dengan menggunakan hidrogen sianida saja, karena hidrogen sianida merupakan sebuah gas yang sangat beracun.

Oleh karena itu, aldehid dicampur dengan sebuah larutan natrium atau kalium sianida dalam air yang telah ditambahkan sedikit asam sulfat. Reaksi terjadi pada suhu kamar. Larutan ini akan mengandung hidrogen sianida hasil dari reaksi antara natrium atau kalium sianida dengan asam sulfattetapi juga masih mengandung beberapa ion sianida bebas. Adisi hidrogen menyebabkan penurunan bilangan oksidasi atom karbon gugus fungsi. Oleh karena itu, adisi hidrogen tergolong reduksi. Reaksi kondensasi Aldol Hidrogen alfa pada aldehida dapat bersifat asam sehingga dapat menghasilkan ion karbon.

Oleh karena itu, dua molekul aldehida atau satu molekul aldehida dengan satu molekul keton akan menghasilkan senyawa aldol. Reaksi ini disebut reaksi kondensasi aldol, yang diturunkan dari kata aldehida dan alkohol. Reaksi Cannizaro Reaksi ini merupakan reaksi reduksi aldehida yang tidak memiliki hidrogen alfa.

Makalah aldehid

Karena tidak adanya hidrogen alfa pada gugus karbonil maka tidak akan terjadi ion karban, akibatnya aldehida yang tidak memiliki hidrogen alfa tidak akan mengalami reaksi kondensasi aldol. Reaksi halogenasi Apabila aldehida yang mempunyai hydrogen alfa direaksikan dengan gas klor atau gas brom, maka hydrogen alfa akan diganti oleh atom klor atau brom dengan adanya katalis asam dan basa 1.

Dalam suasana basa 2. Dalam suasana asam a. Reaksi alkilasi pada aldehid Adanya hidrogen alfa pada senyawa karbonil dapat menyebabkan senyawa tersebut bereaksi dengan karbonkation atau dapat terjadi reaksi alkilasi.

Tinjau senyawa karbonil anion enolat sebagai sampel. Reaksi alkilasi yang terjadi dapat dikatakan sebagai reaksi substitusi elektrofilik, makalzh reaksi ini juga dikatakan sebagai reaksi substitusi nukleofilik, karena dapat dianggap anion enolat sebagai gugus masuk pengganti. Pernyataan yang terakhir lebih mudah untuk menerangkan mekanisme alkilasi aldehis senyawa karbonil yang mempunyai atom hidrogen alfa.

Larutan Fehling

Reaksi alkilasi secara umum dapatt ditulis 12 A. Reaksi Pembuatan Aldehid 1. Melalui reaksi oksidasi Reaksi pembuatan aldehida dapat dilakukan dengan berbagai cara.