ASKEP TETANUS NEONATORUM PDF

Descombey developed tetanus toxoid for active immunization used in WWII In developing countries, neonatal tetanus is a leading cause of neonatal . TOPIKAL ASI: MODEL ASUHAN KEPERAWATAN TALI PUSAT PADA BAYI . Risk Analyses Factor of Infant Mortality Caused by Tetanus Neonatorum in East. askep Glomerulonefritis akut (GNA)more. by Valerina asuhan keperawatan ensefalitismore. by Valerina askep tetanus neonatorummore.

Author: Nijas Jutaxe
Country: Saint Lucia
Language: English (Spanish)
Genre: Politics
Published (Last): 24 December 2018
Pages: 389
PDF File Size: 5.3 Mb
ePub File Size: 11.46 Mb
ISBN: 252-7-22051-332-1
Downloads: 79906
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Fenrilmaran

Gambar Patofisiologi Tetanus 2. Tempat masuknya kuman penyakit ini bisa berupa luka yang dalam yang berhubungan dengan kerusakan jaringan lokal, tertanamnya benda asing atau sepsis dengan kontaminasi tanah, neonztorum yang dangkal dan kecil atau luka geser yang terkontaminasi tanah, trauma pada jari tangan atau jari kaki yang berhubungan dengan patah tulang jari dan luka pada pembedahan.

Luka neonztorum dalam dan kotor 3. Pada hari ke3, gejala-gejala tetanus mula kelihatan. Pada saat kejang suhu dapat naik derakat celsius dari normal, diaphoresis, takikardia dan sulit menelan. Terjadi kekakuan otot mimik muka dimana dahi bayi kelihatan mengerut, mata bayi agak tertutup, dan sudut mulut bayi tertarik ke samping dan ke bawah.

Ascending Tetanus Suatu bentuk penyakit tetanus yng pada awalnya berbentuk lokal biasanya mengenai tungkai dan kemudian menyebar mengenai seluruh tubuh.

Akper Harum | Academi –

Infeksi neonatorum Infeksi neonatorum. Sejak tahun ,WHO memang mentargetkan eliminasi tetanus neonatorum. Dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat memperburuk keadaan yaitu: Gejala klinis yang sering dijumpai pada tetanus neonatorum adalah: Sampai saat ini peran tetanolisin pada tetanus manusia belum diketahui tetnaus.

  EDU HOODIABOQ PDF

Dilakukan dengan pemberian informasi dan memberikan permahaman, selanjutnya dilakukan diskusi 2 arah mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam membentuk lingkungan yang sehat.

Toksin yang bebas dalam darah sangat mudah dinetrakan oleh antitoksin spesifik. Cara perawatan tali pusat yang tidak benar ini akan meningkatkan lagi risiko terjadinya kejadian tetanus neonatorum. Pada manusia sebagian besar toksin diabsorbsi ke dalam pembuluh darah, sehingga memungkinkan untuk dinetralisasi atau ditahan dengan pemberian antitoksin dengan dosis optimal yang diberikan secara intravena.

Faktor Resiko Pencemaran Lingkungan Fisik dan Biologik Lingkungan yang mempunyai sanitasi yang buruk akan memyebabkan Clostridium tetani lebih mudah berkembang biak. Antibodi terhadap tetanus dari ibu hamil dapat disalurkan pada bayi melalui darah, seterusnya menurunkan risiko infeksi Clostridium tetani. Opistotonus dapat terjadi sangat hebat atau tidak timbul sama sekali.

Gambaran Umum yang Khas pada Tetanus, antara lain: Toksin tidak masuk ke dalam susunan saraf pusat melalui peredaran darah karena sulit untuk menembus sawar otak. Penyebaran melalui sistem limfatik Toksin yang berada dalam jaringan akan secara cepat masuk ke dalam nodus limfatikus, selanjutnya melalui sistem limfatik masuk ke peredaran darah sistemik.

Pada saat kejang pasien sadar dan merintih. Pasien masih tidak bisa menetek karena mulut tidak dapat dibuka. Perawatan di rumah sakit biasanya dilakukan selama penanganan reaksi obat. Kuman ini terdapat dimana-mana, dalam tanah, debu jalan dan pada kotoran hewan terutama kuda.

  LINN DIREKTOR MANUAL PDF

tetanus neonatorum

Kekakuan tonus otot ini selalu tampak pada otot masseter dan otot-otot rangka. Tetanus Neonatorum Penanganan masalah: Umur tua atau anak-anak 2.

Dengan sasaran masyarakat khususnya ibu hamil, ibu askwp memiliki bayi balita dan masyarakat. Remember me Forgot password? Terjadinya kekakuan otot rahang sehingga penderita sukar membuka mulut. Tetanus lokal Pada bentuk ini, penderita biasanya mempunyai antibodi terhadap toksin tetanus yang masuk ke dalam darah, namun tidak cukup untuk menetralisir toksin yang berada di sekitar luka.

Ketegangan otot dapat bermula dari tempat masuk kuman atau pada otot rahang dan leher. Jenis toksin Clostridium tetani menghasilkan tetanolisin dan tetanospsmin. Kekakuan tonus otot ini selalu nampak pada otot masester dan otot rangka.

Penyakit tetanus merupakan salah satu yang berbahaya karena mempengaruhi sistem saraf dan otot. Tetanus dapat mengakibatkan kesulitan menetek dan menangis berlebihan disusul kesulitan menelan, kekakuan tubuh dan spasme.

Faktor Cara Perawatan Tali Pusat Terdapat sebagian masyarakat di negara-negara berkembang masih menggunakan ramuan untuk menutup luka tali pusat seperti kunyit dan abu dapur. Pada hari ini ibu mencium bau tidak enak pada tali pusat pasien, kemudian ibu membersihkan tali pusat pasien dengan lap yang dibasahi dengan air dari sumur.